Jumat, 12 Mei 2017

Lukisan Royal Red and Blue seharga 976,3 milyar

http://tentang-orangkaya.blogspot.com/2017/05/lukisan-royal-red-and-blue-seharga-9763.html
Royal Red and Blue Auction (Photo source : viola.bz)

Royal Red And Blue

No.1 (Royal Red and Blue) adalah nama sebuah lukisan yang dibuat oleh Mark Rothko di tahun 1954. Sepintas lalu lukisan ini terkesan biasa saja bagi seorang awam, tetapi Anda akan terkejut melihat harga lukisan ini. Di acara lelang Sothbey pada November 2012, lukisan ini terjual dengan harga $75,1 juta atau sekitar Rp 976,3 milyar.



Mark Rothko adalah seorang seniman ekspresionis abstrak terkenal dunia yang berasal dari Amerika. Mark Rothko sendiri sebenarnya menolak disebut sebagai pelukis abstrak, tetapi melihat hasil karyanya, lukisan-lukisan Mark Rothko bisa dikategorikan sebagai lukisan ekspesionis abstrak.

Apa bila kita melihat lukisan No 1 (Royal Red and Blue) dan membandingkan dengan harga jualnya kita pasti akan merenung dan bertanya-tanya, tetapi nampaknya dunia seni bukan hanya soal yang terlihat tetapi juga apa yang terasa (soal rasa). Lukisan ini menjadi mahal karena di dalamnya terdapat pemikiran Mark Rothko yang sangat kompleks. Saya perlu beberapa waktu untuk merenungkan hal ini dan berusaha juga menyelami pemikiran pembelinya, mengapa dia mau membeli lukisan ini dengan harga  begitu tinggi ? Dan ternyata selain lukisan Royal Red and Blue ada beberapa lukisan lagi yang bertema abstrak dengan hanya 1 warna saja yang juga terjual dengan harga tinggi. Lukisan tersebut adalah :
Onement VI by Barnett Newman ($43,8 juta) (Photo source nytimes.com)
dan juga ini :
Blood Red MIrror by Gerhard Ritcher ($750.000) (Photo source : Flickr)

Setiap kali orang melihat sebuah fenomena seperti ini, umumnya mereka tidak menanyakan mengapa sebuah sebuah lukisan dinilai sebagai sebuah seni yang bagus, atau apa pentingnya produk seni tersebut bagi dunia? Kita pasti akan bertanya-tanya tentang jumlah uang yang dikeluarkan untuk lukisan tersebut. Dan inilah yang juga terjadi pada lukisan Mark Rothko pada pandangan orang awam.

Ada beberapa alasan yang bisa dijadikan jawaban rasa penasaran kita, yaitu :

  1. Lukisan tersebut dibuat oleh seorang seniman yang sudah sangat terkenal dan memiliki pengaruh luas di dunia, sehingga apa yang dibuatnya memiliki daya magis yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Mungkin saja sebuah coretan sederhana dari seorang seniman terkenal adalah hasil pemikirannya dan seluruh energi yang terkumpul dari tahun-tahun yang telah dilaluinya. Dan apa yang dibuatnya bisa dirasakan oleh orang yang paham dengan apa yang terkandung dari lukisan tersebut.
  2. Hukum permintaan dan penawaran. Hal ini karena adanya kelangkaan. Lukisan dari seorang seniman terkenal yang sudah meninggal bisa menjadi barang yang dicari banyak kolektor, sehingga membuatnya menjadi berharga luar biasa tinggi.
  3. Lukisan atau barang seni bisa menjadi sarana investasi yang menguntungkan. Orang membeli sebuah produk seni karena nilainya yang cenderung terus naik, sehingga bisa menjadi investasi yang menguntungkan di masa depan.
  4. Seseorang bisa membeli sebuah lukisan dengan harga mahal karena memang dia sangat menyukainya.
  5. Harga dari sebuah lukisan bisa juga ditentukan oleh lukisan sebelumnya yang pernah dibuat oleh seorang seniman. Catatan sejarah dan pendapat-pendapat yang menyertai sebuah karya seni juga menjadi penentu harga.
  6. Yang ini mungkin jarang terjadi, yaitu sebuah lukisan biasa yang dimiliki oleh seorang terkenal. Hal ini sama misalnya ketika seseorang bersedia membeli sebuah jaket dengan harga ratusan juta karena jaket tersebut adalah jaket Michael Jackson.
Nah, dunia seni adalah dunia yang tidak bisa diprediksi atau dipahami dengan logika umum. Dunia seni memiliki kejutan-kejutan tersendiri. Dan karena sebuah karya seni yang indah jarang bisa diungkapkan dengan kata-kata, dan tidak ada bahasa yang bisa mengekpresikan keindahannya sehingga bisa dipahami, maka ada sebuah bahasa yang bisa dimengerti oleh semua orang di dunia, dan bahasa itu adalah bahasa uang. Ketika teman kita menunjukkan lukisan Royal Red and Blue misalnya dan mengatakan bahwa ini adalah sebuahkarya seni yang hebat, mungkin kita tidak akan paham, kemudian teman kita menjelaskan sebisanya dari segi ilmu seni, warna, dan estetika...tetapi kita juga tidak paham. Tetapi ketika  teman tersebut menunjukkan harganya...Rp 976,3 milyar! Kita paham dan menganggukkan kepala dan persepsi kita berubah. Itulah seni.



loading...


0 komentar:

Posting Komentar