Kamis, 18 Mei 2017

Fidget Spinner Termahal di Dunia

http://tentang-orangkaya.blogspot.com/2017/05/fidget-spinner-termahal-di-dunia.html
Fidget Spinner

Fidget Spinner Paling Mahal di dunia

Fidget Spinner adalah mainan yang saat ini menjadi viral di seluruh dunia. Mainan ini berupa semacam baling-baling yang berputar dan ditujukan untuk membuat penggunanya  merasa lebih tenang dan santai.

Fidget sendiri artinya adalah gerakan yang dilakukan secara tidak sadar yang terjadi karena seseorang sedang merasa gelisah, bosan atau kondisi emosional yang semacam itu. Misalnya seseorang yang sering menggerakkan kakinya naik turun ketika sedang duduk, hal ini bisa digolongkan sebagai fidgetting atau fidget. Atau kita sering melihat anak kecil yang menggulung rambut dengan jari, atau meremas-remas baju di saat sedang cemas. Nah fidget spinner dibuat untuk menanggulangi hal tersebut.

Fidget Spinner pertama kali muncul di tahun 1996. Penemunya adalah Catherine Hettinger. Saat itu Catherine mengalami sakit otot yang menghalanginya untuk beraktifitas, termasuk menghalanginya untuk bermain bersama dengan putri tercintanya . Saat itu ia mendapatkan ide untuk membuat mainan kecil yang dapat berputar, cukup kecil untuk dapat digenggam. Mainan ini dibuatnya untuk membantu anak-anak yang mengalami ADHD untuk bisa berkonsentrasi dengan lebih baik.

Catherine mematenkan penemuannya tetapi tahun 2005 gagal memperpanjang hak paten penemuan tersebut yang membutuhkan dana sebesar US$ 400 dan saat itu Catherine tak mampu membayarnya. Ternyata 10 tahun kemudian mainan ini menemukan masanya  dan menjadi tren di seluruh dunia. Tetapi Catherine tidak mendapatkan apa-apa karena hak patennya sudah gugur di tahun 2005. Ada beberapa versi cerita mengenai penemuan fidget spinner yang terdapat di internet.

Tren fidget spinner mulai terjadi di tahun 2016 di Amerika kemudian merambah ke Inggris. Fidget spinner awalnya dibawa oleh anak-anak berkebutuhan khusus seperti ADHD dan autisme. Tetapi dalam pandangan mereka, hal tersebut terlihat cukup keren, dan mereka mulai memainkan danjuga memdifikasinya. Sejak itu anak-anak secara umum menganggapnya sebagai mainan yang keren dan menyenangkan.

Memainkan fidget spinner bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Melihat sesuatu berputar dan memutarnya berulang membuat pikiran lebih terfokus dan pikiran yang bermacam-macam mulai menghilang sehingga gelombang otak menjadi lebih tenang. Jadi ini seperti memindahkan kesibukan berpikir ke dalam sebuah benda. Belum ada penelitian ilmiah mengenai hal ini, tetapi pengguna fidget spinner umumnya mengatakan hal yang sama.

Fidget spinner yang bagus tentunya adalah fidget spinner yang bisa berputar dalam jangka waktu yang cukup lama, sampai saat ini fidget spinner dengan putaran terlama yang pernah saya lihat adalah sekitar 3-4 menit. Sedangkan fidget spinner yang kurang berkualitas biasanya maksimal 30 detik.

Kualitas fidget spinner secara umum ditentukan oleh jenis bearing yang digunakan, konstruksi, bahan yang digunakan dan juga pemberatnya. Jika pengaturan pemberat tidak maksimal maka fidget tidak akan bisa berputar dengan baik. Jika posisi pemberat tidak benar, maka gerakan berputarnya jadi tidak karuan.

Saat ini bentuk fidget spinner sangat bervariasi mulai dari yang tri spinner (tiga bilah), two spinner, squad spinner (4 bilah) dan ada juga yang tanpa bilah.

Harga fidget spinner juga sangat bervariasi tergantung kualitasnya.  Harga berada di kisaran 30.000 hingga ratusan ribu.

Video berikut ini memperbandingkan beberapa spinner berdasarkan harganya mulai dari harga $10 hingga $100 :

Dan yang berikut ini berharga paling mahal saat ini yaitu US$1000 atau sekitar 14 juta rupiah dan bahkan hingga $100.000 tentunya dengan kemampuan khusus seperti yang ditunjukkan di video berikut ini :

Cukup menyenangkan memainkan permainan baling-baling ini, tetapi saya masih memikirkan apakah seseorang akan mendapatkan efek yang berbeda antara memainkan fidget spinner dengan memainkan gasing? Bukankah sama-sama berputar ?

0 komentar:

Posting Komentar